Tuesday 30 December 2014

Cara Ampuh Mengatasi Laptop Yang Tidak Bisa Booting

Jengkel sekali rasanya jika laptop kita bermasalah. Misalnya tidak mau masuk windows (gak mau booting) ketika dinyalakan. Akhirnya bingung, malah tugas kantor numpuk lagi! Tapi jangan kuatir mengenai hal tersebut, karena kali ini indraservicelaptop akan berbagi pengalaman mengenai cara mengatasi laptop  tidak bisa booting. Berikut penyebab laptop tidak mau booting dan solusinya :
  • Masalah pada sistem operasi
Misalnya windows. Sering terjadi crash pada sistem operasi yang biasanya menyebabkan blue screen. Yaitu sebuah layar biru disertai dengan peringatan error. Untuk mengatasi hal tersebut, bisa dilakukan dengan cara : (gb a)

  1. Lakukan perbaikan atau repair sistem operasi dengan menggunakan DVD windows repair. Tentu DVD tersebut telah dibuat sebelumnya sebagai cadangan jika masalah ini terjadi.
  2. Lakukan install ulang windows. Ini merupakan cara terakhir dan merupakan cara pamungkas  jika pada langkah a sudah tidak membuahkan hasil. Biasanya cara ini sangat ampuh untuk menyelesaikan masalah gagal booting.
  • Overheat pada hardware
Terutama pada bagian processor. Cek heatsink (pendingin) laptop dan bersihkan dari debu yang menumpuk. Tidak lupa bersihkan pula kipas processor. Oiya, hendaknya anda cek juga pasta yang menempel antara processor dengan heatsink. Ada kalanya pasta tersebut habis karena pengaruh panas.

  • Ada masalah pada RAM
Ada kalanya gagal booting disebabkan oleh memori yang bermasalah, bisa karena kotor pada pin tembaganya tau memang RAM dalam kondisi akan rusak. Coba lakukan pembersihan tembaga menggunakan penghapus. Dan coba tukar memori ke slot yang lain. Jika anda menggunakan 2 slot RAM, coba lepas satu persatu dan uji lagi. (Gb b)

  • -Problem pada hardisk
Kita semua tahu, bahwa hardisk merupakan tempat untuk menyimpan semua data secara permanen. Begitu juga dengan sistem operasi windows. Biasanya disimpan di drive C. Tentu saja masalah pada HDD akan mungkin menjadikan laptop gagal melakukan booting. (gb c)
Biasanya masalah pada hardisk disertai peringatan “disk boot failure”. Solusinya anda bisa cek tembaga koneksi hardisk ke motherboard, barangkali kotor karena korosi. Atau cara paling mudah, bisa menukarnya menggunakan hdd lain yang kindisinya jelas normal. Pasti akan ketahuan penyakitnya. 

Demikian hare dari saya mengenai cara mengatasi laptop tidak bisa booting. Semoga artikel yang dibagikan akan bermanfaat bagi semuanya.

No comments:

Post a Comment